AKHIR PEKAN DI MUSEUM MACAN

Wuits,, Museum Macan yang saya maksud dalam tulisan ini bukanlah museum mengenai hewan Macan, atau pedangdut yang bernama Trio Macan. Museum MACAN merupakan singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum ini terletak di Jakarta Barat, tepatnya di AKR Tower lantai MM, Jalan Panjang No.5, Kebon Jeruk.

koleksi

IMG_20171230_144128Koleksi Museum

Museum ini mulai buka pada Bulan November 2017. Saya ingat ketika pertama kali membaca di portal online mengenai museum baru di Indonesia, saya langsung search di Google mengenai sejarah berdirinya. Singkat cerita museum ini didirikan oleh seorang pengusaha yang sangat menyukai karya seni lukisan.

IMG_20171230_150434IMG_20171230_143035
Pengunjung berpose di depan lukisan

Museum ini semakin terkenal berkat para netizen yang sering mengunggah foto dengan lokasi Museum MACAN, dengan background lukisan yang unik. Well, ketika saya berkunjung ke sana, saya melihat lebih banyak orang yang berpose di depan lukisan dari pada menikmati lukisan-lukisan yang ada. Apalagi dengan fakta bahwa museum ini masih baru, orang seakan-akan ingin memberitahu follower mereka bahwa mereka sudah mengunjungi Museum Macan. Upload, like, comment, the life of instagram pople!

Antrian pengunjung Museum MACAN sangat ramai. Sangat disarankan untuk mengecek jadwal buka museum dan membeli tiket secara online. Karena bila membeli tiket on the spot, pengunjung akan antri berjam-jam. Ada kemungkinan setelah antri berjam-jam, petugas akan mengumumkan bahwa tiket sudah habis. Untuk pembelian tiket secara online dan informasi harga tiket silahkan buka situs resmi Museum Macan di https://www.museummacan.org/. Kunjungan di museum dibagi-bagi menjadi beberapa waktu, dengan total kunjungan untuk satu tiket adalah dua jam saja. Bila Anda membeli tiket pukul 14.00, maka Anda keluar pada pukul 16.00.

IMG_20171230_143612.jpgPengunjung menikmati lukisan

Lukisan yang dipajang di dalam museum cukup banyak, namun tidak sebanyak yang saya bayangkan. Mungkin karena museum ini masih baru. Saya harap mereka akan menambah koleksi lukisan lebih banyak lagi, dan memajang lebih banyak lukisan-lukisan karya Anak Bangsa. Saya cukup menikmati lukisan- lukisan yang ada. Tidak sulit untuk memahami contemporary art menurut saya. Lukisan contemporary merupakan lukisan yang apa adanya, dilukis menurut zaman. Selamat menikmati akhir pekan, dan semoga belum basi, Selamat Tahun Baru !

Leave a comment