Buang Sampah Sembarangan

Beberapa hari belakangan, saya kesal sekali pada orang-orang yang buang sampah tidak pada tempatnya. Sepertinya hal yang wajar ya buang sampah sembarangan di Indonesia. Di jalanlah, di angkutan umumlah, atau bahkan di depan rumah orang. Buang sampah sembarangan itu sebenernya tindakan yang tidak bermoral loh. Tindakan amoral bukan hanya membunuh, memperkosa, dan melakukan kekerasan saja. Buang sampah sembarangan itu kan membunuh dan memperkosa bumi. Walaupun istilahnya sudah klise dan sering digunakan, sepertinya orang-orang sudah kebal dengan himbauan “buanglah sampah pada tempatnya” dan “kebersihan adalah sebagian dari iman”.

Kemaren ada mbak-mbak cantik dengan make up yang bagus sedang kepanasan, dan mengelap keringat dengan tisunya. Abis ngelap keringatnya, si mbak malah buangin tisunya gitu aja. Ihhh- jadilah dia gak cantik lagi di mata saya. Kemudian, ada anak-anak yang bilang ke mamanya kalo minuman kemasannya udah abis dan si ibu dengan entengnya bilang “buang aja sampahya dari jendela dek”. Gimana anaknya bisa bersikap benar, kalo ibunya aja perlu diajari untuk tidak membuang sampah sembarangan?

62196210585buang-sampah

Image source: here

Dan satu lagi yang nyebelin, saya ingat ketika ada bapak-bapak  membuang sampah dari jendela mobilnya  di  jalan raya setelah keluar dari jalan tol.  Mobil mewahnya ternyata tidak berbanding lurus dengan sifatnya. Mungkin si Bapak berfikir “ gak apa-apa jalan raya kotor, yang penting mobil mewah saya tetap bersih”

13735152341884622577

Image source: here

Miris sekali melihat kesadaran masyarakat kita masih minim dalam hal membuang sampah. Tidak peduli berapa banyakpun tempat sampah yang telah disediakan, kita masih lebih suka melempar sampah dari jendela mobil. Gak heran sih, banjir sering terjadi di Indonesia, khususnya kota besar. Soalnya masyarakatnya sendiri tidak peduli dengan lingkungannya.

Hmm, gimana dengan kamu, kesal gak melihat orang yang buang sampah sembarangan? Atau malah biasa saja?

Advertisements

4 thoughts on “Buang Sampah Sembarangan

  1. Saya juga sering kesel nih liat yang kayak gini, kalau ditegur bilangnya malah “ya suka2 saya donk”… Dan memang ironisnya yang suka berperilaku seperti ini tuh malah yang mobilnya keren2 dan mahal…lah bisa beli mobil mahal tp ga tau sopan santun huh!

  2. Kamu ga tegur langsung yang buang sampah sembarangan yang terlihat langsung dan masih terjangkau untuk ditegur? Karena aku sejak dulu selalu tegur langsung orang yang buang sampah sembarangan maupun orang yg ga ngasih tempat duduk untuk orang tua ataupun wanita hamil besar. Beberapa kali aku sampai bertengkar sama mereka, tapi ga masalah buat aku, yg terpenting mereka tahu bahwa tindakan mereka adalah tidak terpuji. Termasuk juga orang yg taruh tasnya di kursi sementara banyak yg berdiri, pasti kutegur langsung (sering kejadia di Bandara seperti ini)

    • Kalo yg awal-awal itu, aku blm berani mbak
      Ibunya serem ( jadi malu sndiri), tapi belakangan aku udah berani negur. Ih mbak Dena sangar pol. Kok bsa sampe berantam it? 😮

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s